Monday, February 11, 2013

PROFIL DESA - PENDIDIKAN





Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Di Desa.Cikareo Utara tahun 2008-2011, jumlah guru dan murid tiap tahunnya mengalami peningkatan. Guru pada tahun 2010 berjumlah 53 Orang, dengan jumlah murid PAUD sebanyak 135orang, SD sebanyak 607 .orang, SLTP sebanyak199 .orang, SLTA sebanyak 0 orang. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 2.7 di bawah ini.

Tabel. 1 Data Pendidikan/Sekolah Formal dan Non FormalDi Desa Cikareo Utara
Tahun 2008 – 2011

No
Uraian
PAUD
SD
SLTP
SLTA
1
Guru
12
37
14
-
2
Murid
189
607
199
-
Sumber : Data Desa.Cikareo Utara

Pada masa kepemimpinan kepala desa ini, jumlah sarana prasarana sekolah, maupun jenjang terus diupayakan baik kuantitas maupun kualitasnya, baik itu negeri maupun swasta, dari mulai TK/PAUD/RA s.d. SLTA.

Adapun jumlah sarana prasarana pendidikan di Desa Cikareo Utara terdiri dari jenjang TK s.d. SLTA, baik formal maupun nonformal. Nama dan Jumlah sarana Pendidikan yang ada di Desa Cikareo Utara untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 2.8 di bawah ini.

Tabel. 2 Data Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Desa Cikareo Utara
Tahun 2008 – 2013

No
Nama Sekolah
Jenjang
Status
Lokasi
Jumlah Murid
1
TK MEKAR ASIH
TK
Swasta
Dsn Cibatu RT 3/3
36
2
PAUD SIRRUR ASROR
PAUD
Swasta
Dsn Cibatu RT 2/3
25
3
PAUD AL”BAROKAH
PAUD
Swasta
Dsn Nagrak RT 2/2
36
4
TPA AL’IKHLAS
TPA
Swasta
Dsn Cibatu RT 4/3
48
5
RA NURUL FALLAH
TPA
Swasta
Dsn Nagrak RT 3/1
26
6
TPA AN’NUR
TPA
Swasta
Dsn Gandoang
18
7
SDN CIKAREO I
SD
Negeri
Dsn Cibatu RT 3/3
297
8
SDN CIKAREO 2
SD
Negeri
Dsn Cibatu RT 3/3
310
9
MTs MA’ARIF
MTs
Swasta
Dsn Nagrak RT 4/2
199
Sumber : Data Desa.Cikareo Utara

Rekapitulasi Jenis dan jenjang Sarana Pendidikan Formal dan Non Formal di Desa. Cikareo Utara,     dapat dilihat pada tabel 2.9 di bawah ini.

Tabel.3 Jenis dan jenjang Sarana Pendidikan Formal dan Non Formal
Di Desa Cikareo Utara Tahun 2011

No
Jenjang
Jenjang
Lokasi
1
TK/PAUD/RA/TPA
6
Dusun Cibatu/Dusun Nagrak
2
SD
2
Dusun Cibatu
3
SLTP/MTs
1
Dusun Nagrak
4
SLTA
-

5
Perguruan Tinggi
-

6
PKBM
-

JUMLAH
9

Sumber : Data Desa Cikareo Utara

Jika melihat tabel 2.9 diatas, maka dapat disimpulkan bahwa lokasi sekolah baik formal maupun non formal berdomisili di Dusun Cibatu dan Nagrak , sehingga di Dusun Awilega tidak ada sama sekali jenis pendidikan formal, terutama untuk jenjang SD, maka ini dijadikan target yang harus dapat terealisasi selambat-lambatnya pada akhir masa jabatan kepala desa

Masalah pedidikan, perhatian pemerintah kita masih terasa sangat minim. Gambaran ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kondisi ideal dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah tiap anak bisa sekolah minimal hingga tingkat SMA tanpa membedakan status karena itulah hak mereka. Namun hal tersebut sangat sulit untuk direalisasikan pada saat ini. Oleh karena itu, setidaknya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam dunia pendidikan.


Dengan demikian perlu adanya penyuluhan tentang pentingnya pendidikan, karena pendidikan merupan sebuah rangkain proses yang tiada henti demi pengembangan kemampuan agar dapat dimanfaatkan bagi kehidupan. Selain itu yang penting dalam pendidikan adalah bukan faktor usia, tetapi kemampuan yang memadai dan niat untuk belajar, serta lingkungab sekitar merupakan bagian dari proses pendidikan.















No comments:

Post a Comment