Monday, February 11, 2013

PROFIL DESA - KEAGAMAAN

Religius adalah kata yang paling cocok untuk kehidupan beragama di Desa Cikareo Utara Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang yang kami tempati selama satu bulan untuk melaksanakan KKNM PPMD Integratif UNPAD 2013.

Dari data yang kami terima, 4185 jiwa warga Desa Cikareo Utara seluruhnya memeluk agama Islam. Ini bisa disebabkan karena warga disini lebih memilih agama lewat garis keturunan. Penduduk setempat mempergunakan 3 mesjid dan 17 mushola untuk digunakan sebagai tempat beribadah. Di desa ini diadakannya pengajian di mesjid jami Al-Hidayah Dusun Cibatu setiap hari Kamis, dan setiap Jumat di mesjid jami Radiotul Muhlisin Desa Cikareo Utara.

Kami beruntung melewati masa KKNM ini pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 24 Januari 2013. Disini kami bekerja sama dengan KKN STKIP UNSAP dan DKM MESJID RADIOTUL MUHLISIN mengadakan acara lomba gambar, hafalan doa sehari-hari, dan adzan lalu diakhiri dengan acara tabligh akbar. Warga Desa Cikareo Utara menyambut baik acara demi acara yang kami suguhkan untuk mereka. Perlombaan yang diikuti oleh anak-anak setingkat SD dan TPA ini berjalan dengan sukses.

No comments:

Post a Comment