Monday, February 11, 2013

KEGIATAN MAHASISWA - SENAM BERSAMA IBU-IBU PKK


Banyak cara dilakukan orang untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Sebagai masyarakat yang sadar akan proses sosial, sepatutnya komunikasi atau interaksi antar sesama dilakukan agar terciptanya sebuah keakraban. Proses silaturahmi bisa dilakukan dengan berbagai cara, di mana pun dan kapan pun, tanpa harus terhalang oleh faktor usia maupun status sosial. Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu di desa Cikareo Utara, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang. Mereka membentuk sebuah organisasi yang bernama Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau disingkat PKK.

Organisasi tersebut dibentuk padatahun 2010 dengan anggota 40 orang. Banyak kegiatan yang telah mereka lakukan, seperti mengadakan acara arisan, dan yang paling menarik adalah kegiatan senam pagi yang diagendakan rutin setiap hari minggu pukul 08.00 WIB. Mereka begitu semangat ketika akan melaksanakan senam pagi. Dengan didukung busana yang serempak, membuat semuanya terlihat sangat kompak.

Kami merasa kagum dengan rasa kekeluargaan yang mereka tunjukkan. Tidak memandang kaya atau miskin, petani atau menteri, guru atau ibu rumah tangga, semuanya berbaur menjadi satu. Ibu-ibu yang sangat ramah, membuat kami semakin betah. Tidak ingin melewatkan momen berharga tersebut, kami pun selalu ikut serta melakukan senam pagi agar kondisi badan tetap terjaga.

Senam pagi biasa dilakukan di lapangan olahraga Sekolah Dasar ( SD ) Cikareo Utara 1, karena tempatnya yang strategis dan cukup nyaman. Semua peralatan dan kebutuhan untuk senam pagi selalu mereka siapkan sendiri. Dari sini pula kami bisa mengetahui bahwa gotong royong dan rasa solidaritas yang tinggi sangat melekat pada diri mereka.

Kegiatan senam pagi biasanya dilaksanakan selama satu jam saja. Selain karena masalah umur, kesibukan masing-masing anggota pun menjadi salah satu faktor mengapa kegiatan tersebut dilakukan tidak dalam waktu yang lama.

Bahkan ketika senam pagi belum dimulai, ada salah seorang ibu yang berkata “ buru atuh gera dimulai senam teh, bisi kaburu beurang, abdi rek ka sawah “. Kontan saja hal tersebut membuat kami tersenyum dan tertawa kecil. Satu lagi nilai berharga kami dapatkan, yaitu walaupun mereka memiliki segudang kegiatan dan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu, namun mereka masih menyempatkan diri berkumpul bersama kami dan ibu-ibu lainnya untuk melaksanakan senam pagi. Hal yang mungkin sudah jarang ditemukan di daerah perkotaan besar saat ini. Dari hal tersebut pun kami dapat menyimpulkan bahwa rasa kekeluargaan warga di desa lebih kuat dan lebih tinggi daripada rasa kekeluargaan warga yang ada di kota. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan orang desa, karena masih banyak nilai-nilai moral yang sangat berharga, yang akan kita temukan dibalik segala bentuk kesederhanaannya.

Saat kegiatan senam pagi berlangsung, kami melihat ada sebagian ibu-ibu yang tidak kompak mengikuti setiap gerakan yang dilakukan instrukturnya. Hal itu bisa dipahami karena mereka berusia lebih tua di antara ibu-ibu lain. Kami pun merasa terhibur dan semakin semangat mengikuti senam pagi bersama mereka.

Setelah pelaksanaan senam pagi selesai, seluruh mahasiswa KKN dan ibu-ibu PKK tidak lantas pulang ke rumah masing-masing. Kami bergotong royong membereskan peralatan senam dan membersihkan lapangan olahraga yang telah kami gunakan. Saat itu pula proses sosialisasi berlangsung. Satu sama lain saling berkomunikasi, memperkenalkan diri, dan berbagi informasi mengenai berbagai hal yang ada di desa tersebut.

Banyak manfaat yang kami dapatkan. Selain bisa menyehatkan badan, merefleksikan pikiran, kami juga menjadi semakin dekat dengan ibu-ibu warga desa Cikareo Utara. Komunikasi yang awalnya kurang terjalin, perlahan-lahan berubah menjadi suasana hangat dan akrab. Sebuah pengalaman berharga yang tidak akan kami lupakan.

Berikut ini foto-foto saat mahasiswa KKN melaksanakan senam pagi bersama ibu-ibu PKK :






















1 comment:

  1. wah keren nih ^^, bisa jadi inspirasi buat masyarakat yang lain. Kapan bakal diadain lagi? oiya kalo senam gitu pake baju senam terbaru kayaknya keren tuh ^^. Makasih

    ReplyDelete